Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.  

Edukasi Gizi Kesehatan Reproduksi : Si RaTiH Tolak Nikah Dini !

Desa Tempaling | 19 Januari 2020 11:45:00 | Berita Desa | 512 Kali

Tempaling, Rembang (19/1), Angka pernikahan dini di Indonesia masih cukup tinggi terutama di daerah pedesaan. Ada sejumlah alasan yang melatari fenomena ini, salah satunya dalih untuk menghindari zina. Pernikahan dini sejatinya adalah kekerasan terhadap anak. Haknya untuk tumbuh dan berkembang menjadi terhambat. Sistem reproduksi mereka juga belum siap untuk mengandung dan melahirkan. Menikah di usia anak kerap memperburuk masalah terutama masalah kesehatan.

 

Pemaparan Materi

 

Untuk menghindari fenomena tersebut pada remaja putri di Desa Tempaling, maka perlu diadakan pendidikan seks sejak dini. Hal tersebut adalah kunci agar anak terhindar dari perilaku seksual beresiko. Tim I KKN Undip di Desa Tempaling, Kecamatan Pamotan memberikan perhatian khusus dalam hal ini. Oleh karena itu, tim KKN Undip membuat suatu kegiatan guna mengedukasi para remaja putri terkait bahaya pernikahan dini serta pentingnya pemenuhan asupan gizi yang cukup dan optimal bagi remaja putri. Kegiatan edukasi “Si RaTiH Tolak Nikah Dini” ini dilakukan oleh Riris Rahmatanti (Fakultas Kesehatan Masyarakat) yang bertempat di Balai Desa Tempaling, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang diikuti oleh remaja putri serta didukung oleh pengurus KPAD (Kelompok Perlindungan Anak Desa) Desa Tempaling dalam pelaksanaan programnya.

 

Kegiatan edukasi dilakukan dengan tujuan memberi informasi dan mengajak remaja putri Desa Tempaling untuk mengetahui bahaya pernikahan dini dan pentingnya pemenuhan asupan gizi bagi remaja putri. Diskusi dua arah diterapkan dalam kegiatan ini. Selama kegiatan berlangsung, diadakan tanya jawab agar remaja putri Desa Tempaling dapat lebih memahami materi yang disampaikan. Harapan dari dilaksanakannya program ini yaitu remaja putri Desa Tempaling terbekali informasi terkait kesehatan reproduksi dan bahaya melakukan seks bebas sehingga hal tersebut akan memicu remaja untuk mencari informasi lebih banyak saat ia beranjak dewasa. Selain itu, dalam kegiatan ini remaja putri juga diberikan semangat untuk meraih pendidikan, hal lain yang bisa dilakukan untuk menghindari zina tanpa harus menikah di usia remaja. Pendidikan menjadi hal penting karena dapat membuat remaja memiliki pengetahuan, dapat meraih cita-citanya saat dewasa sehingga dapat berdampak positif bagi negara.

 

Foto Bersama dengan Remaja Putri Desa Tempaling

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : JALAN TEMPALING PAMOTAN RT 03 RW 01
Desa : TEMPALING
Kecamatan : PAMOTAN
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59251
Telepon : -
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung