Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.  

Pekarangan Rumahku adalah Apotek Hidupku

Desa Tempaling | 24 Januari 2020 13:30:00 | Berita Desa | 398 Kali

Tempaling, Rembang (24/1) – Saat ini, manusia sangat rentan terkena berbagai penyakit, baik itu penyakit degeneratif, penyakit infeksius, maupun penyakit kronis. Oleh sebab itu sangat diperlukan pengobatan yang sangat efektif yang tentunya dapat mengobati penyakit yang sering dialami oleh masyarakat. Kemudian, hadirlah Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang dinilai dapat dengan efektif membantu dalam pengobatan penyakit yang sering dialami oleh warga Desa Tempaling. Selain itu, sesuai dengan hasil MMD Desa Tempaling yang salah satunya membahas tentang masih sedikit keluarga di Desa Tempaling yang memiliki TOGA.

 

Maka, berdasarkan hal tersebutlah salah satu mahasiswa KKN Tim 1 Undip bernama Ribka Friday dari Fakultas Kesehatan Masyarakat melakukan program monodisiplin dengan tema “Pekarangan Rumahku adalah Apotek Hidupku” kegiatan ini berupa penyampaian materi terkait pemanfaatan dan pengolahan TOGA dalam mengobati berbagai penyakit. Kegiatan ini dihadiri oleh ibu-ibu PKK yang cukup antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan maupun bertanya jika ada yang kurang jelas. TOGA itu sendiri adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat, dimanfaatkan dalam upaya peningkatan kesehatan baik dalam upaya preventif, promotif maupun kuratif.

 

Penggunaan TOGA di kalangan masyarakat diharapkan dapat lebih dimanfaatkan daripada menggunakan obat dari layanan kesehatan. Hal ini dikarenakan TOGA memiliki manfaat yang cukup menguntungkan, antara lain mudah didapat dan dibudidayakan, harganya terjangkau dan tidak memberikan efek samping yang membahayakan bagi kesehatan. Selain itu, ditampilkan juga beberapa video terkait pengolahan TOGA yaitu jahe dalam mengobati asam urat dan seledri dalam mengobati hipertensi. Video tersebut mengundang perhatian para ibu PKK dan menambah semangat para ibu PKK dalam mengolah TOGA dikarenakan pengolahan yang dilakukan cukup sederhana namun berkhasiat yang besar. Dengan adanya pemberian edukasi ini diharapkan ibu-ibu PKK dapat menjadi pelopor dalam menggerakkan warga yang lainnya untuk semangat menanam TOGA dan memanfaatkan TOGA dengan maksimal. Desa Tempaling siap jadi desa sehat!

 

Foto bersama Ibu-Ibu PKK Desa Tempaling

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : JALAN TEMPALING PAMOTAN RT 03 RW 01
Desa : TEMPALING
Kecamatan : PAMOTAN
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59251
Telepon : -
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung