Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.  

ADAKAN PENANAMAN TOGA, DESA TEMPALING SIAP PUNYA APOTIK HIDUP MANDIRI !!

Desa Tempaling | 07 Februari 2020 14:00:00 | Berita Desa | 708 Kali

Penyerahan Modul kepada Ketua Ibu PKK Desa Tempaling

 

Tempaling, Pamotan, Rembang (07/2) – Tanaman obat keluarga (disingkat TOGA) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Budidaya tanaman obat untuk keluarga (TOGA) dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

 

Di Desa Tempaling sendiri, kesadaran warga dalam pemberdayaan TOGA masih kurang, bahkan masih terlihat sangat jarang warga yang memiliki TOGA di pekarangan rumah mereka. Dari permasalahan yang ada, maka Mahasiswa KKN Tim I UNDIP di Desa Tempaling (Ivan, Iman, Alvis, Ribka, Alda, Riris) melakukan implementasi penanaman tanaman obat keluarga. TOGA di taman yakni; Jahe, Temulawak dan Temu Hitam.

 

Sasaran tempat penanaman TOGA adalah rumah dari ibu PKK sebagai rumah percontohan untuk warga lainnya, sebelum melakukan penanaman bibit TOGA dilakukan juga simulasi pengolahan dan penjelasan manfaat dari bahan TOGA yang telah disediakan. Setelah simulasi yang dilakukan maka dilanjutkan dengan meminum hasil olahan TOGA (Jahe, Temulawak dan Temu Hitam) bersama dengan ibu-ibu PKK dan foto bersama mengakhiri kegiatan simulasi.

 

Setelah kegiatan simulasi selesai dilakukan juga pembagian bibit TOGA ke ibu-ibu PKK, dilanjutkan dengan penanaman di salah satu rumah ibu PKK bersama dengan Mahasiswa KKN sebagai bentuk simbolis. Di akhir kegiatan, dilakukan juga penanaman di setiap rumah ibu PKK dengan mahasiswa KKN di setiap RT yang ada. Dengan diadakannya kegiatannya ini, menjadi langkah awal bagi Desa Tempaling untuk siap menjadi Desa Sehat!

 

Pemberian Bibit TOGA

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : JALAN TEMPALING PAMOTAN RT 03 RW 01
Desa : TEMPALING
Kecamatan : PAMOTAN
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59251
Telepon : -
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung